Pengetahuan

Cara Sederhana namun Efektif untuk Mempertajam Memori pada Anak

 

Salah satu misteri telah terpecahkan. Bayi yang berusia kurang dari 8-9 bulan ingat dan memiliki ingatan yang spesifik. Untuk waktu yang lama, pertanyaan itu membingungkan para peneliti, dokter, dan juga orang tua — apakah anak-anak memiliki kekuatan untuk mengingat atau apakah ingatan berkembang di kemudian hari.

Tahukah Anda bahwa ada tiga penyimpanan memori yang berbeda di otak anak? Mereka adalah register sensorik, penyimpanan memori jangka pendek, dan penyimpanan memori jangka panjang. Di sinilah pengalaman disimpan, disimpan, dan diingat kembali.

Ingatan seperti yang Anda tahu memainkan peran penting dalam pembelajaran dan kecerdasan. Dan untuk meningkatkan daya ingat, Anda perlu mempromosikan aspek-aspek seperti perhatian terfokus, ide-ide terkait, dan pengulangan pada anak-anak Anda.

Ini benar-benar terserah Anda

Banyak dari kita tumbuh dengan berpikir bahwa daya pikir dan memori diwariskan – itulah sebabnya beberapa orang rata-rata sedangkan yang lain jenius. Ini adalah mitos, penelitian membuktikan bahwa Anda orang tua dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda dan meningkatkan daya ingat.

Yang perlu Anda lakukan adalah menjadi orang tua yang peduli dan mencurahkan waktu untuk anak. Mengasuh adalah apa yang menciptakan anak yang peduli, penuh kasih, dan memberi.

Pertama, Anda jangan pernah berpikir negatif. Anak-anak dapat merasakan emosi batin Anda dan perasaan yang tidak terekspresikan. Dialog internal positif berkomunikasi dengan anak dan meningkatkan tidak hanya berpikir tetapi juga rasa percaya diri.

Perkenalkan latihan pernapasan serta aktivitas fisik harian seperti senam, jogging, olahraga, berenang, dan sebagainya. Lakukan dengan anak Anda. Napas dalam dan latihan fisik merangsang proses mental anak serta kinerja keseluruhan.

Tahukah Anda, senam mental dapat dilakukan dengan bermain game seperti catur, catur, scrabble, kata jumbles, dan cryptograms dan sebagainya. Game-game ini merangsang pikiran dan meningkatkan keterampilan strategi.

Jadikan lingkungan rumah nyaman dan hangat. Pastikan untuk berkomunikasi dengan anak-anak kapan pun Anda bisa. Ini mengembangkan keterampilan bahasa mereka sejak lahir hingga sekitar 26 bulan dan itu juga pada tingkat yang sangat cepat.

Salah satu metode kuno untuk meningkatkan potensi intelektual, membangun kosakata, meningkatkan daya ingat dan rentang perhatian adalah membaca berulang – jadi bacakan untuk anak-anak ketika mereka masih muda dan ulangi cerita yang sama berulang kali sehingga anak menyerap setiap nuansa.

Dunia Game Memori

Cara termudah dan paling menarik untuk membantu anak-anak mempertajam ingatan mereka adalah dengan memperkenalkan mereka ke berbagai jenis permainan.

Misalnya Anda membuat limerick di mana piggy pergi ke pasar untuk membeli kue ibunya, selanjutnya ulangi sajak dan tambahkan satu objek lagi ke daftar — kue dan sabun. Dan, ketika anak Anda mengulangi kalimatnya, ia perlu meregangkan ingatannya untuk mengingat apa yang harus dibeli oleh semua babi.

Game lain yang sering dimainkan adalah mengeluarkan tumpukan benda di atas meja. Selanjutnya biarkan anak atau kelompok anak-anak untuk melirik benda-benda tersebut selama dua menit. Tutupi benda-benda dengan kain dan minta setiap anak menuliskan daftar apa yang ada di atas meja. Ini akan menguji daya ingat mereka dan dengan mengajukan pertanyaan tentang benda-benda yang bisa Anda ingatkan ingatannya. Mainkan permainan sering dan Anda akan menemukan bahwa anak-anak menjadi jinak itu.

Teknologi telah memperkenalkan inovasi hebat dalam permainan memori dan anak-anak tertarik pada grafik 3D yang indah dan kisah menarik yang benar-benar menyerap perhatian mereka. Ini tidak hanya menghibur tetapi dirancang dengan peningkatan kekuatan otak dan memori sebagai tujuan akhir. Sebagai contoh, Smart Neurons telah merancang beberapa CD dan DVD pendidikan yang mengintegrasikan pencitraan dengan suara dan kata-kata yang membuat anak-anak asyik dengan konteks yang berubah, termasuk musik serta kata-kata dan kalimat yang merupakan bagian dari kosa kata anak dan sesuai dengan kelompok usia. dan tahap perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *