Friday, 19 July, 2019

Apa yang terjadi dalam skandal akuntansi perusahaan?


Apa yang terjadi dalam skandal akuntansi perusahaan?
Ketika sebuah perusahaan dengan sengaja menyembunyikan atau membelokkan informasi agar tampak sehat dan sukses bagi para pemegang sahamnya, perusahaan itu telah melakukan penipuan perusahaan atau pemegang saham. Penipuan perusahaan dapat melibatkan beberapa individu atau banyak, tergantung pada sejauh mana karyawan diberitahu tentang praktik keuangan perusahaan mereka. Direktur korporasi dapat memalsukan catatan keuangan atau menyamarkan pengeluaran yang tidak pantas. Penipuan yang dilakukan oleh perusahaan dapat sangat menghancurkan, tidak hanya bagi investor luar yang telah melakukan pembelian saham berdasarkan informasi palsu, tetapi juga bagi karyawan yang, melalui 401ks, telah menginvestasikan tabungan pensiun mereka di saham perusahaan.
Beberapa skandal akuntansi perusahaan baru-baru ini telah menghanguskan media berita dan menghancurkan ratusan ribu nyawa karyawan yang pensiunnya diinvestasikan di perusahaan-perusahaan yang menipu mereka dan investor lain. Mur dan baut dari beberapa skandal akuntansi ini adalah sebagai berikut:
WorldCom mengakui untuk menyesuaikan catatan akuntansi untuk menutupi biaya operasinya dan memberikan keberhasilan bagi para pemegang saham. Sembilan miliar dolar dalam perbedaan ditemukan sebelum perusahaan telekomunikasi bangkrut pada Juli 2002. Salah satu biaya tersembunyi adalah $ 408 juta yang diberikan kepada Bernard Ebbers (CEO WorldCom) dalam pinjaman pribadi yang dirahasiakan.
Di Tyco, pemegang saham tidak diberi tahu tentang $ 170 juta pinjaman yang diambil oleh CEO Tyco, CFO, dan chief legal officer. Pinjaman tersebut, banyak di antaranya diambil tanpa bunga dan kemudian dihapuskan sebagai manfaat, tidak disetujui oleh komite kompensasi Tyco. Kozlowski (mantan CEO), Swartz (mantan CFO), dan Belnick (mantan chief legal officer) menghadapi penyelidikan lanjutan oleh SEC dan Tyco Corporation, yang sekarang beroperasi di bawah Edward Breen dan dewan direksi baru.
Di Enron, investigasi terhadap beberapa tindakan perilaku penipuan yang terungkap. Enron menggunakan pinjaman ilegal dan kemitraan dengan perusahaan lain untuk menutupi utangnya yang bernilai miliaran dolar. Ini menyajikan catatan akuntansi yang salah kepada investor, dan Arthur Anderson, perusahaan akuntansinya, mulai merobek-robek dokumentasi yang memberatkan berminggu-minggu sebelum SEC dapat memulai penyelidikan. Pencucian uang, penipuan kawat, penipuan surat, dan penipuan sekuritas hanyalah sebagian dari dakwaan yang dihadapi oleh direktur Enron dan akan terus dihadapi saat penyelidikan berlanjut.

0 comments on “Apa yang terjadi dalam skandal akuntansi perusahaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *