Thursday, 21 November, 2019

Mengenal aneka KABINET dasar kitchen st/dapur


 

Lemari kabinet adalahbagian dari kitchen set surabayayang bermanfaat sebagai lokasi penyimpanan sekian banyak peralatan dapur serta keperluan memasak lainnya. Bahan dasar yang umum dipakai untuk lemari kabinet ialah kayu solid dan kayu olahan. Kbinet ini terdiri dari dua kelompok yang dipisahkan dari peletakkannya, yakni :

Lemari Kabinet Atas

Lemari kabinet atas dilengkapi dengan penghisap asap dan dipakai untuk menyimpan peralatan santap dan pernak-pernik ukuran kecil lainnya. Tinggi lemari kabin atas idealnya ialah sejangkauan tangan , sampai-sampai kita gampang untuk memungut barang – barang yang dibutuhkan tanpa mesti menggunakan pertolongan tangga.

Lemari Kabinet Bawah

Lemari kabiner bawah seringkali dilengkapi ruang kabinet yang lumayan luas sampai-sampai dapat dipakai digunakan guna menyimpan barang – barang yang sering dipakai di samping penempatan lokasi memasak tersebut sendiri. Beberapa perlengkapan memasak ukuran besar laksana panci, penggorengan, dan sebagainya.

FINISHING
Finishing menciptakan kitchen set jadi lebih estetis dan pun dapat mengayomi bahan dasar kitchen set dari kerusakan, sampai-sampai lebih tahan lama. Material guna finishing ada sekian banyak macam dan terbagi menjadi tiga kelompok, yakni :

Transparan ( Clear Finish )

Finishing ini mengexpose serat alami lapisan kayu sampai-sampai kesan alaminya masih terlihat. Finishing ini memiliki sejumlah tipe cara yang dipakai pada furniture inilah ini :

Politur
Biasanya berbentuk serpihan atau batangan yang dicairkan dengan alkohol. Tetapi ada pun yang siap gunakan dengan komposisi alkohol yang tepat. Politur diaplilasilan dengan memakai kain yang di poles secara rutin pada permukaan kayu. Pengaplikasian politur bisa diulang secara rutin andai warnanya telah memudar.

Kekurangan Politur ialah Cepat Memudar sampai-sampai permukaan kayu mesti tidak jarang dilapis ulang supaya tetap terliha bagus.

Nitro Cellulose (NC)
Terbuat dari bahan resin NC dan Tineer. Bahan ini akan menyusun lapisan film yang tahan air, tetapi belum powerful untuk menyangga goresan maupun benturan fisik. NC di aplikasikan dengan teknik semprot (spray) bertekanan udara atau menggunakan kuas. Kekurangan NC ialah Sudah jarang didatangi karena bahan bakunya yang langka.

Melamic
Finishing dengan cara ini cocok untuk yang menyenangi serat-alami kayu pada kayu solid atau kayu olahan lainnya. Finishing melamik bermanfaat untuk melapisi dan menjaga serat serta warna. Pilihan warna dapat disesuaikan dengan keinginan. Untuk yang menyenangi warna mengkilap dapat menggunakan glossy finishing, dan untuk yang sebaliknya dapat menggunakan doff ataupun semigloss.

Dari kualiatas, Melamik menyerahkan lapisan film yang lebih baik daripada NC. Permukaan kayu yang dilapis melamik menjadi paling halus sebab pori-pori kayu tertutup. Pengaplikasiannya dengan teknik semprot (spray) atau menggunakan kuas. Kelemahan melamik ialah bahan ini lebih susah untuk dilapis ulang sebab akan mengakibatkan perubahan tingkat gradasi warna dan masih bergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya walaupun ketika ini sudah ada obat kimia yang mempercepat pengeringan. Serta akan menerbitkan bau yang menyengat dan perih di mata sesudah proses pengecatan.

Jenis finishing ini membutuhkan perawatan ekstra, tidak boleh sampai permukaannya basah atau jarang dimurnikan karena dapat jadi lokasi jamur berkembang biak.

Polyurethane (PU)
Merupakan jenis finishing yang sangat tebal lapisan filmnya. Tampilannya serupa lapisan plastik sehingga menciptakan kayu tidak alami. Daya tahannya terhadap panas dan air paling baik, menciptakan PU sesuai untuk furnitur eksterior.

Kekurangan finishing ini ialah Harganya masih paling mahal dan tukang kayu relatif jarang memakainya. Ini dikarenakan diperlukan pengetahuan yang luas untuk masing-masing proses aplikasinya

Waterbased Lacquer
Menggunakan pencampuran air murni dan resin yang terbelakang dipermukaan kayu. Lapisannya tahan air dan goresan. Bahan ini lebih digemari oleh semua konsumen dari Eropa.

Non Transparan

Material ini akan memblokir 100% semua permukaan kayu dan menyembunyikan terlihat aslinya. Bentuk fisiknya bisa berupa cat dan lapisan (laminate) dalam bentu lembaran atau rol.

Cat Duco
Cat Duco adalahtipe finishing yang sangat mahal namun dapat membuat kitchen set tampak anggun dan hasilnya tahan lama. Dengan opsi warna yang beragam, finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahan tersebut sendiri. Untuk menemukan hasil maksimal, dibutuhkan waktu yang lumayan untuk menuntaskan pekerjaan dengan finishing duco ini. Untuk yang menyenangi warna mengkilap dapat menggunakan glossy finishing, dan untuk yang sebaliknya dapat menggunakan doff ataupun semigloss.

Cat duco lebih tidak sedikit menggunakan methode penyemprotan(spray) dari pada kuas pada permukaan furniture. Berkat peradaban teknologi, warnanya ketika ini paling bervariasi laksana dapat menyerahkan efek batuan, motif batu, marmer, motif pecah seribu maupun motif perak, tembaga, emas dan warna-warna menyolok lainnya. Cocok guna furnitur bernuansa modern, minimalis dan pun furnitur anak.

Kekurangan finishing cat duco ialah harganya relatif mahal. Apabila telah dicat, serat pribumi tidak dapat dikembalikan lagi dan masih paling tergantung dengan cuaca di dalam proses pengeringannya. Serta cat duco tidak dapat mengalami pengecatan berulang sebab akan merubah tingkatan gradasi warna.

Laminate

Laminate ialah methode finishing furnitur dengan merekatkan bahan pelapis di permukaan furnitur. Proses pelapisan memakai lem eksklusif kayu, laksana lem kuning. Pelapis yang umum dipakai antara lain inilah ini :

Terbuat dari serat tipis kayu asli. Motifnya tergantung jenis kayu yang dipotong, yakni antara beda motif jati, sungkai, nyatoh, kamper atau mahoni. Furniture yang diberi lapisan ini akan serupa kayu asli sampai-sampai tampilannya tampak benar-benar natural dan alami. Dijual dalam format gulungan dengan lebar 10-20 cm dan harganya relatif mahal. Karena lapisan veneer tipis, maka lem dan aplikasinya mesti bagus supaya bisa tahan lama. (lebih baik memakai mesin press).

HPL atau high pressure laminate
HPL atau high pressure laminate tercipta dari gabungan Akrilik dan kayu. Lapisan luarnya serupa kayu dan berisi serat-serat kayu, namun bagian belakangnya akrilik. HPL seringkali berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Variasi motif dan warna cukup tidak sedikit serta permukaannya bertekstur. Harga bervariasi tergantung merk dan motifnya. Warna polos relatif murah dan sangat mahal warna silver.

Keunggulan HPL ialah berisi bagian kayu, cocok untuk yang hendak menampilkan warna-warna alami kayu. Bahan ini powerful (karena lumayan tebal) dan lentur sehingga dapat ditekuk guna melapisi unsur tepi furniture. Kekurangannya ialah warna pada lapisannya bisa pudar setelah sejumlah lama.

Cara pemasangannya yakni direkatkan memakai lem. HPL juga tidak sedikit digunakan guna material finishing kitchen set, sebab sangat mudah dimurnikan dan tahan terhadap minyak dan panas.

PVC (Poly Vinyl Carbonate)
Merupakan lapisan berbentuk lembaran laksana halnya HPL, yaitu pun sebagai pelapis produksi pabrik. Bahan ini lebih elastis dan tercipta dari plastik, sehingga gampang dalam pengaplikasian pada bahan dasar. Permukaannya lebih halus dibanding bahan dari plastik lain, laksana tacon dan decosheet. Berbentuk lembaran ukuran 120 cm x 240 cm dan tebal 3 mm. Pilihan warna dan coraknya pun cukup pelbagai tetapi terbatas melulu ada coklat dan warna turunannya. Ada yang polos dan pun bertekstur serta bermotif serat kayu. Harganya relatif murah. Kekurangannya ialah mempunyai Tekstur yang licin sampai-sampai tidak terkesan alami dan bahannya tidak cukup ramah lingkungan.

Decosheet
Terbuat dari bahan plastik, lebih tipis dari tacon tetapi paling fleksible dan bisa mengikuti format kitchen set seperti lengkung dll. Bahan ini tidak gampang mengelupas. Namun sebab jenis bahannya yang tipis, andai pemakaian tidak rapi bahan ini gampang robek sebab tidak tahan terhadap panas dan minyak.

Decosheet berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal tidak cukup dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Mempunyai variasi motif cukup tidak sedikit dan harganya sangat murang dibanding jenis laminate lainnya.

Tacon – tacosheet
Sama laksana Decosheet, tercipta dari plastik. kelemahan dari pelapis ini ialah tidak tahan panas, warna yang gampang memudar dan pulang menjadi kekuningan sehingga meminimalisir keindahan perabot kayu anda. Berbentuk gulungan dengan tinggi 120 cm, tebal tidak cukup dari 1 mm, sedang panjangnya tidak terbatas. Variasi motif cukup tidak sedikit dan permukaannya bertekstur. Harganya per meter lari.

Alumunium dan Stainless Steel
Kitchen set dengan bahan dasar aluminium dan stainless steel seringkali telah dipabrikasi berupa modul dengan ukuran tertentu sampai-sampai dapat dicocokkan dengan tempat pemasangan. Kelebihan bahan ini ialah tidak rapuh, gampang dibersihkan, ringan, serta warna yang unik dan sesuai untuk dapur canggih atau higienis.

KONTAK KAMI
Hubungi :
0878-5312-5199 (Whatsapp)

Chat Whatsapp Langsung Klik
bit.ly/2nv56dA
ALAMAT
CV. Prima Interior

Jl. Kedinding Lor Gg. Bougenville No.9,
Kec. Kenjeran, Kota SBY, Jawa Timur 60129
GOOGLE MAPS
https://maps.app.goo.gl/vcGW4fvoaq

0 comments on “Mengenal aneka KABINET dasar kitchen st/dapur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *