Thursday, 21 November, 2019

Merokok Selama Kehamilan. Biarkan anak Anda punya pilihan.


 

Kata ‘Ibu’ identik dengan kepedulian, cinta, dan semua hal baik di bumi. Namun, ibu yang merokok dapat secara tidak sengaja membunuh dan melukai anak-anak mereka – lahir dan belum lahir. Terkejut? Itu benar. Ibu-ibu yang merokok berpotensi memberi anak-anak mereka kanker paru-paru dan banyak penyakit serupa lainnya melalui asap rokok. Wanita hamil membahayakan bayi mereka yang belum lahir langsung di dalam rahim.

Selain fakta-fakta mengerikan di atas, berikut adalah alasan yang lebih mengganggu untuk diingat ketika merokok. Itu tidak hanya akan mengganggu kesehatan Anda, tetapi juga akan mengganggu kesehatan anak Anda yang belum lahir:

1. Pertama-tama, merokok membuatnya sulit untuk hamil. Laporan menunjukkan bahwa kesuburan pada pria dan wanita sangat dipengaruhi oleh merokok. Pada wanita, merokok mengganggu pergerakan sel telur menuju saluran tuba serta hormon yang diproduksi selama kehamilan; sementara pada pria, itu menurunkan jumlah air mani, dan motilitas sperma. Dalam banyak kasus, merokok juga memengaruhi bentuk sperma sehingga tidak mampu menembus sel telur.

2. Anak-anak yang lahir dari orang tua yang merokok berpotensi mewarisi sindrom kesuburan rendah dan menderita sejumlah besar masalah infertilitas.

3. Merokok dalam banyak kasus adalah penyebab utama impotensi pada pria karena mengganggu pasokan darah ke penis.

4. Bayi di dalam rahim wanita hamil yang sedang hamil mendapatkan kecanduan nikotinnya sejak pra-kelahiran ketika darahnya menyerap nikotin yang dibagikan oleh darah ibu; karenanya lebih mungkin bahwa ketika lahir mereka akan menjadi perokok – dan juga tertular semua penyakit yang berhubungan dengan merokok.

5. Dalam kasus yang jarang terjadi, plasenta secara langsung dipengaruhi oleh kebiasaan merokok yang menyebabkan keguguran janin, atau kematian dalam kandungan.

6. Bayi dari ibu yang merokok kemungkinan besar akan dilahirkan prematur dan di bawah berat badan.

7. Bayi juga cenderung memiliki organ vital yang kurang berkembang daripada rekan-rekan mereka (bayi dari ibu yang tidak merokok) – ada kemungkinan besar bahwa bayi ini memiliki hati yang tidak berkembang yang akan mempengaruhi mereka sepanjang hidup mereka.

8. Bayi-bayi dari wanita hamil yang hamil memiliki fungsi paru-paru yang buruk sejak lahir.

9. Bayi-bayi ini dua kali lebih rentan meninggal karena sindrom kematian mendadak bayi (SID) dibandingkan bayi perempuan yang tidak merokok.

10. Bayi-bayi dari perempuan yang merokok 15-20 batang sehari lebih cenderung sakit-sakitan.

Salah satu dari penyebab di atas harus cukup untuk membuat Anda berhenti merokok – jika bukan untuk diri Anda sendiri, untuk keajaiban kecil Anda yang sedang terbentuk di dalam rahim Anda. Baca baris-baris di atas lagi, dan sekali lagi – apakah itu yang ingin Anda berikan kepada kreasi Anda yang paling berharga? Apakah Anda benar-benar nyaman berpikir bahwa Anda secara sukarela dan konsisten membahayakan anak Anda bahkan sebelum mereka dilahirkan? Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda renungkan dengan serius.

Hubungi dokter Anda hari ini dan minta bantuannya untuk berhenti merokok. Anda berutang kepada anak Anda untuk menjadi sehat dan memberi mereka awal yang sehat hingga awal kehidupan mereka. Sebagai seorang ibu, Anda adalah kontak pengasuhan anak – jangan menjadi racun dalam kehidupan anak Anda sendiri.

0 comments on “Merokok Selama Kehamilan. Biarkan anak Anda punya pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *